Pesanan
Penjualan Khusus
Perusahaan kadangkala mesti memutuskan
apakah akan menerima pesanan khsus tadi (specia order), biasanya pada harga
yang lebih murah dari pada harga jual normal. Apabila perusahaan ingin tetap
untung, kebijakan penentuan harga jangka panjangnya seyogyanya bertumpukan pada
semua biaya yang dikeluarkan. Walaupun demikian, manakala terdapat kapasitas
menganggur, pesanan khusus mungkin menggoda walaupun harganya lebih rendah
daripada harga jual normal.
Hal pokok yang perlu dilakukan oleh
manajer adalah tidak langsung menolak pesanan khusus tersebut hanya karena
harga beli yang ditawarkan oleh pihak pembeli lebih rendah daripada harga jual
normal yang diberlakukan oleh perusahaan. Manajer perlu mengevaluasi tawaran pesanan
khusus secara lebih mendalah. Analisis diferensial dapat diterapkan untuk
mengevaluasi pendapatan dan biaya diferensial yang berkaitan pesanan khusus.
Pendapatan diferensial yang dihasilkan oleh pendapatan khusus itu dibandingkan
dengan biaya diferensial untuk memproduksi dan mengirimkan pesanan khusus tadi
kepada pelanggan.
Seandainya perusahaan beroperasi pada
kapasitas terpasang penuh, setiap tambahan produksi akan meningkatkan biaya
produksi tetap dan variablenya. Walaupun demikian, manakala kapasitas produksi
normal perusahaan masih berada dibawah kapasitas penuhnya, tambahan produksi
tidak akan menyebabkan kenaikan biaya produksi tetap. Dalam situasi seperti
ini, biaya diferensial tambahan produksi (yakni, pesanan khusus tadi) hanayalah
biaya variable saja.
Keputusan penentuan harga berdasarkan
analisis diferensial adalah sahih untuk pesanan pesanan sekali waktu, dan
biasanya bukan untuk pesanan regular.
Terdapat beberapa kondisi yang
diperlukan agar pesanan khusus dapat dipertimbangkan dengan serius :
·
Terdapat
kelebihan kapasitas produksi
·
Pesanan sebaiknya
berasal dan pelanggan yang berdiam di dalam pasar
yang berbeda dari pasar yang biasanya dilayani oleh perusahaan.
Perlu terdapat kelebihan kapasitas produktif;
seandainya tidak, perusahaan harus mengurangi produksi ke pelanggan normal
untuk memenuhi pesanan khusus tadi. Selain itu, pesanan khusus tadi hanya
dipenuhi jika berasal dari pasar yang tidak berkaitan. andai kata pasar normal
mengetahui bahwa perusahaan memberikan harga khusus tadi kepada pesaingnya,
maka mereka akan menuntun harga yang sama baginya. Hal ini dapat mengakibatkan
pengurangan harga kepada semua pelanggan atau kaburnya pelanggan normal. Hal
seperti ini tentu saja akan membahayakan struktur penentuan harga dan laba
bersih jangka panjang perusahaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar