Minggu, 30 Juni 2013

Menerima atau Menolak Pesanan Khusus

Menerima atau Menolak Pesanan Khusus


Adapun kriteria pesanan khusus sebagai berikut :
1. Biasanya konsumen yang melakukan pesanan khusus ini meminta harga dibawah harga jual normal bahkan sering kali harga yang diminta konsumen berada dibawah biaya penuh, karena biasanya pesanan khusus mencakup jumlah yang besar dan harga jualnya diatas biaya variabel.
2. Ada kapasitas produksi atau mesin yang belum seluruhnya terpakai atau menganggur dan masih mampu untuk melayani pesanan khusus.
3. Pertambahan biaya tidak melebihi pertambahan penghasilan dari pesanan khusus tersebut.
Jadi, semua biaya produksi dibebankan sepenuhnya baik biaya variabel maupun biaya tetap. Dalam kondisi demikian dapat dikategorikan bahwa perusahaan menentukan biaya produksinya dengan metode harga pokok penuh (full costing), padahal dari order tersebut mungkin saja dapat meningkatkan laba perusahaan secara  keseluruhan selain memanfaatkan kapasitas yang menganggur. Pesanan ini dapat menutup kelebihan biaya overhead pabrik tetap yang dihitung sebesar kapasitas penuh. Di sinilah perlunya penerapan konsep incremental cost sebagai salah satu alternatif dalam pengambilan keputusan jangka pendek
Informasi Akuntansi Diferensial Yang Relevan Dalam Pengambilan Keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Khusus
Istilah relevan mempunyai pengertian berhubungan dengan sesuatu. Suatu biaya disebut relevan jika biaya tersebut berhubungan dengan tujuan perekayasaan biaya tersebut. Jika manajemen bermaksud mengetahui harga pokok produk yang diproduksi dalam bulan tertentu, maka ia mengumpulkan biaya produksi sesungguhnya yang telah dikeluarkan untuk produksi dalam bulan yang bersangkutan. Biaya produksi sesungguhnya tersebut merupakan biaya relevan karena sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai oleh pengumpulan informasi biaya tersebut. Menurut defenisinya, biaya merupakan pengorbanan sumber ekonomi yang dinilai dalam satuan uang, yang telah terjadi atau yang secara potensial akan terjadi, untuk mencapai tujuan tertentu. Per defenisi, dengan demikian tidak ada satupun biaya yang tidak relevan, karena setiap biaya memang direkayasa untuk memenuhi tujuan tertentu.
Biaya yang relevan dengan pengambilan keputusan disebut dengan istilah yang lebih tepat biaya diferensial. Karena pengambilan keputusan selalu menyangkut pemilihan alternatif masa yang akan datang, dan untuk dapat melakukan pemilihan pengambil keputusan harus dapat membedakan dianatara alternatif tersebut secara unik disebut dengan istilah informasi akuntansi diferensial.
Pengertian Incremental Cost
Mendefenisikan incremental cost adalah tambahan biaya yang akan terjadi jika suatu alternatif yang berkaitan dengan perubahan volume kegiatan pilihan. Biaya tambahan merupakan informasi akuntansi man ajemen yang diperlukan oleh manajemen dalam pengambilan keputusan yang berhubungan dengan penambahan dan pengurangan volume kegiatan.
Biaya tambahan merupakan jumlah semua biaya relevan yang berhubungan dengan suatu alternatif tindakan yang kemungkinan akan dilaksanakan atau mungkin juga tidak dilaksanakan oleh manajemen maka biaya tambahan mungkin dapat terjadi atau mungkin juga tidak, jika alternatif diusulkan bukan merupakan penambahan kegiatan melainkan merupakan peniadaan suatu kegiatan yang sekarang ada, maka biaya tertentu yang ada sekarang dapat dihindari biaya ini disebut biaya terhindarkan (avoidable cost) yaitu biaya yang tidak akan terjadi jika suatu alternatif dipilih. Sesungguhnya biaya terhindarkan merupakan variasi dari biaya tambahan, oleh karena itu sering disebut sebagai penghematan biaya tambahan (incremental saving). Pengertian biaya tambahan dan biaya terhindari sangat penting artinya dalam pengambilan keputusan karena biaya tersebut berpengaruh jika suatu alternatif dipilih.
Hubungan Variable Costing dengan Analisis Incremental Cost
Penentuan harga pokok variabel dapat pula dipakai oleh manajemen dalam menentukan harga jual minimal atas pesanan khusus (special order) sehubungan dengan keputusan untuk menerima atau menolak pesanan khusus yang harga jualnya dibawah harga jual normal perusahaan. Analisis incremential cost akan dapat dilaksanakan bila perusahaan menggunakan metode variable costing dalam penentuan harga pokok produksinya, karena setiap perusahaan yang berhubungan dengan volume kegiatan akan dapat dikendalikan manajemen apabila unsur biaya terbagi atas unsur tetap dan variabel dimana pada umumnya biaya relevan yang terpengaruh oleh suatu keputusan yang diambil khususnya yang berhubungan dengan perubahan volume kegiatan adalah biaya variabel. Alat analisis untuk pengambilan keputusan jangka pendek dalam menganalisis pesanan-pesanan khusus dibawah harga jual normal yang digunakan adalah metode variable costing yaitu dengan membandingkan harga pesanan khusus dengan harga pokok variabel suatu produk. Apabila dalam perbandingan tersebut harga pesanan khusus lebih besar dibandingkan harga pokok variabel suatu produk, maka pesanan khusus tersebut dapat diterima. Sedangkan bila harga pesanan khusus lebih kecil dibandingkan dengan harga pokok variabel suatu produk maka pesanan khusus ditolak. Kriteria tersebut akan dapat dipenuhi bila didasari atas asumsi bahwa tambahan pesanan tidak melebihi kapasitas normal sehingga biaya tetap yang dibebankan tidak berubah. Besarnya kenaikan laba dari pesanan khusus adalah sebesar batas kontribusi dari pesanan khusus yang bersangkutan.
syarat-syarat pesanan khusus yang dapat diputuskan sehubungan dengan analisis incremental cost melalui penentuan harga pokok variabel adalah sebagai berikut.
  1. Kapasitas produksi dan penjualan masih ada yang menganggur (idle capacity) karena bila melampui kapasitas penuh akan berakibat jumlah biaya tetap akan berubah.
  2. Adanya pemisahan pasar antara penjual biasa dengan penjual untuk melayani pesanan khusus agar harga jual yang biasa umumnya lebih tinggi tidak terpengaruh turun.
Sebagai contoh dalam penentuan harga minimal atau pesanan khusus di mana pesanan khusus tersebut akan dilayani apabila harga jual minimal setiap tahun sebesar biaya variabel setiap satuan dengan kriteria sebagai berikut.
a)      Harga satuan pesanan khusus < biaya variabel satuan → dari pesanan khusus contribution margin perusahaan negatif.
b)      Harga satuan pesanan khusus = biaya variabel satuan → dari pesanan khusus contribution margin perusahaan sama dengan nol.
c)      Harga satuan pesanan khusus > biaya variabel satuan → dari pesanan khusus contribution margin perusahaan positif.
8.    Analisis Incremental Cost dalam Pengambilan Keputusan untuk Menerima atau Menolak Pesanan Khusus
Pesanan khusus yang dimaksud dalam tulisan ini adalah pesanan di luar pesanan biasa dengan harga jual minimal yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Pesanan khusus dapat diterima apabila ada kapasitas produksi perusahaan yang menganggur. Disamping itu, tidak akan mempengaruhi harga jual yang biasanya lebih tinggi menjadi ikut turun dengan pertimbangan bahwa tambahan biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi pesanan khusus tersebut sesuai dengan pendapatan yang diperoleh perusahaan.

Contoh keputusan pesanan penjualan khusus:
Menghasilkan penjualan dengan harga diskon guna memanfaatkan kapasitas produksi yang berlebih
Menerima penjualan yanag hanya menutup biaya tunai dengan tujuan mempertahankan tenaga kerja supaya tetap bekerja selama masa resesi
Melakukan penjualan sekali waktu untuk memindahkan barang dagangan yang berangsur usang
Menanggapi permintaan akan cirri khusus produk dari seorang pelanggan regular

Menentukan harga untuk memasuki pasar kompetitif yang baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar