Minggu, 30 Juni 2013

Akuntansi Diferensial

Informasi Akuntansi Diferensi
Informasi secara garis besar dibagi menjadi dua, yaitu: informasi kualitatif dan informasi kuantitatif. Informasi kualitatif yaitu informasi berdasarkan nilai mutu sedangkan informasi kuantitatif yaitu informasi berdasarkan angka, jumlah dan ukuran. Salah satu bentuk dari informasi kuantitatif adalah informasi akuntansi manajemen karena informasi ini menggunakan satuan uang sebagai ukurannya.
        I.            Pengertian Informasi Diferensial
Informasi akuntansi diferensial merupakan taksiran perbedaan aktiva, pendapatan dan biaya dalam alternatif tindakan tertentu dibandingkan dengan alternatif tindakan lain.
Informasi akuntansi diferensial terdiri dari aktiva, pendapatan dan biaya. Informasi akuntansi diferensial yang hanya bersangkutan dengan biaya disebut biaya differensial
Informasi akuntansi diferensial yang hanya bersangkutan dengan pendapatan disebut pendapatan differensial.
Informasi akuntansi diferensial yang hanya bersangkutan dengan aktiva disebut aktiva differensial.

Informasi Akuntansi Diferensial mempunyai dua unsur pokok:
1.      Informasi masa yang akan datang dan berbeda diantara alternatif tindakan yang dihadapi oleh pengambil keputusan.
Informasi ini bermanfaat oleh manajemen dalam pengambilan keputusan mengenai pemilihan alternatif tindakan yang terbaik diantara alternatif-alternatif yang tersedia
2.       Informasi akuntansi yang bermanfaat adalah informasi akuntansi yang berbeda diantara tiap-tiap alternatif yang akan dipilih.

Biaya Diferensial (differential cost)
Biaya diferensial adalah biaya masa yang akan datang yang diperkirakan akan berbeda (differ) atau terpengaruh oleh suatu pengambilan keputusan pemilihan diantara berbagai macam alternatif.
Pendapatan Diferensial (differential revenue)
Pendapatan diferensial adalah informasi akuntansi diferensial yang hanya berkaitan dengan pendapatan.”
Aktiva Diferensial (differential asset)

 Aktiva diferensial adalah informasi akuntansi diferensial yang hanya berkaitandengan aktiva.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar