Selasa, 06 November 2012

Cara Mensosialisasikan Koperasi



Cara Mensosialisasikan Koperasi

A.      Pendahuluan
                     Masih banyak masyarakat indonesia yang tidak mengetahui kondisi koperasi saat ini. Mungkin ini adalah salah satu alasan yang membuat koperasi tidak diminati oleh masyarakat untuk bergabung menjadi anggota koperasi. Mungkin hal yang membuat masyarakat kurang meminati untuk bergabung dalam koperasi adalah karena sosialisasi yang kurang dalam masyarakat tentang koperasi. Ini adalah menjadi masalah yang membuat koperasi di Indonesia kurang berkembang dengan baik.
                      Menurut saya, masyarakat sekarang ini kurang mengenal koperasi, khususnya generasi muda saat ini juga banyak yang belum mengenal koperasi dan bagaimana sistem kerjanya. Ini dikarenakan belum banyak koperasi yang yang berdiri di tengah masyarakat saat ini. Agar masyarakat  lebih mengenal koperasi dengan baik tentulah kita harus berupaya untuk mensosialisasikan koperasi ini kepada masyarakat.
                     Sosialisai koperasi kepada masyarakat adalah salah satu cara agar koperasi di Indonesia Berjaya kembali dan bangkit sebagai salah satu program pemerintah untuk mensejahterakan rakyatnya. Ini juga harus dibuktikan dengan suksesnya koperasi yang sudah ada agar masyarakat lebih mengakui prestasi koperasi selama ini. Untuk membuat koperasi sukses maka haruslah kita memikirkan bagaimana cara agar koperasi bisa mejadi salah satu tiang perekonomian negara dimasa yang akan datang. Dan semua cita-cita kesuksesan ini akan tercapai jika sosialisasi yang baik kepada masyarakat agar mereka mau ikut bergabung dan berpartisipasi kedalam keanggotaan koperasi tersebut. 

B.      Cara Mensosialisasikan Koperasi
1.      Mendirikan Unit Koperasi ditengah Masyarakat Dengan Jumlah Banyak
         Dengan banyak mendirikan koperasi di tengah-tengah masyarakat akan membuat masyarakat lebih mengenal bagaimana system koperasi dan keuntungan masuk kedalam koperasi itu sendiri. Jika masyarakat telah mengenal dan tahu bagaimana keuntungan jika masuk koperasi maka masyarakat akan bergabung kedalam koperasi.

         Koperasi dengan jumlah banyak yang berdiri ditengah masyarakat ini adalah untuk membantu mensejahterakan rakyat dan sekaligus cara untuk mensosialisasikan koperasi kedalam masyarakat. Koperasi yang berada ditengah masyarakatpun akan membantu mengangkat perekonomian masyarakat yang bergabung kedalamnya. Koperasi pada dasarnya sangat menguntungkan masyarakat jika mereka mengetahui bagaimana system kerja koperasi itu, untuk itu cara mensosialisasikan koperasi itu sangat penting untuk kesejahteraan rakyat itu sendiri.

2.      Koperasi Dijadikan Salah Satu Mata Pelajaran di Sekolah
         Pendidikan dini yang ditanamkan kepada anak-anak biasanya sangat mempengaruhi pola pikir dan tindakan yang akan dilakuakannya nanti saat dewasa. Dengan demikian mata pelajaran disekolah adalah pendidikan yang sangat penting untuk menanamkan kebiasan dan pola pikir kepada anak-anak. Untuk itu agar menanamkan pola pikir tentang koperasi yang baik, maka perlulah diadakan mata pelajaran untuk koperasi di sekolah.

         Dengan pendidikan koperasi menjadi salah satu mata pelajaran yang ada didalam sekolah ini akan membantu mensosialisasikan koperasi agar nantinya ketika mereka dewasa banyak yang berminat untuk bergabung kedalam keanggotaan koperasi itu sendiri. Dengan menjadikan koperasi sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah akan membantu mereka untuk mengenal koperasi dan ini juga salah satu cara untuk mensosialisasikan koperasi. Saat koperasi dijadikan sebagai salah satu pelajaran maka ini adalah hal yang paling penting untuk memajukan koperasi di Indonesia agar koperasi bisa Berjaya kembali di tengah masyarakat dan jika pelajar yang terdidik mengetahui bagaimana koperasi ini akan menjadi salah satu pemacu pemecahan masalah yang ada di dalam koperasi saat ini.  

3.      Penyuluhan kepada Masyarakat
         Masyarakat adalah tempat yang cocok agar koperasi ini tumbuh dengan baik dan dalam perkembangannya akan menjadi  baik jika masyarakat tahu tentang kebaikan dan keuntungan operasi yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat ini. Penyuluhan kepada masyarakat dengan merata akan membuat semakin banyak pengetahuan yang akan didapatkan tentang koperasi oleh masyarakat dan akan membuat masyarakat meminati koperasi ini

         Penyuluhan secara merata baik di desa maupun di kota akan membuat masyarakat lebih mengetahui bagaimana mendiriksn koperasi yang sehat dan baik. Karena koperasi adalah gabungan beberapa orang yang menjalankan suatu bisnis atau usaha seperti salah satu contohnya adalah koperasi konsumsi yang didalamnya menjual barang konsumsi, untuk itu perlulah masyarakat diberikan pembekalan agar masyarakat tahu bagaimana pengorganisasian dalam koperasi dan bagaiman cara pembagian laba yang terdapat didalamnnya dengan benar. Agar semua itu berjalan dengan lancar maka perlu diadakan penyuluhan yang baik dan merata agar masyarakat dapat bergabung dan menjalankan koperasi dengan benar dan dapat mensosialisasikannya kembali kepada masyarakat lain ini berjalan dengan baik dan semakin banyak orang yang mengetahui koperasi.

4.      Mensukseskan Koperasi
         Mensukseskan koperasi merupakan cara yang paling ampuh dalam mensosialisasika koperasi. Dengan cara inni masyarakat akan dengan lebih mengenal koperasi karena citra koperasi yang sudah bagus dan bisa mebuat koperasi semakin banyak diminati oleh masyarakat Indonesia yang selama ini masih kurang percaya akan koperasi.
         Koperasi yang sukses ini nantinya akan membangun perekonomian negara yang bisa mengangkat perekonomian di Indonesia dengan banyak yang bergabung dalam koperasi. Tentunya jika semua koperasi yang berdiri di Indonnesia dan sebagian besarnya bisa sukses maka perlulah diadakan pengawasan yang ketat dalam pengorganisasian koperasi ini. Karena semakin sukses suatu usaha tersebut maka akan banyak penyimpangan yang akan terjadi di dalam organisasi tersebut jika tidak diawasi dengan ketat bisa terjadi kesalahan yang dilakukan oleh manusia yan akan menimbulkan kerugian yang ada di dalam koperasi.
         Jadi dalam mensosialisasikan koperasi ini sangat butuh partisipasi semua pihak, yaitu pemerintah, masyarakat, dan pihak swasta yang harus berperan aktif dalam menjalankan koperasi yang bersih, adil, dan makmur. Cara mensosialisasikan koperasi ini semata-mata untuk memajukan koperasi di Indonesia agar dapat mengangkat perekonomian negara jika koperasi ini tumbuh sumbur dan sukses di negara ini maka akan menjadi sebuah prestasi tersendiri yang akan membuat negara ini bangga dengan perekonomiannya yang tidak kalah bersaing dengan negara-negara lain.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar