Sabtu, 20 Oktober 2012

Langkah - Langkah Dalam Menjalankan Bisnis



I.                  Langkah – Langkah dalam Menjalankan Bisnis

1.      Pemilihan Lokasi
      Lokasi adalah hal yang sangat menentukan dalam kelancaran bisnis. Lokasi yang startegis sangat menetukan dalam kesuksesan bisnis. jika Anda ingin mendapat keuntungan besar dan costumer yang banyak maka pilihlah lokasi yang ramai, banyak dilalui orang, dan akses jalannya mudah dijangkau dari arah manapun. Misalnya ruko di tengah kota. Seperti yang kita ketahui bahwa perkotaan adalah lahan yang sangat bagus untuk dijadikan ladang  bisnis. Disamping pendapatan perkapita di daerah perkotaan yang cukup besar dan penduduk perkotaan tidak segan membeli apapun untuk memenuhi kebutuhan mereka dan kepuasan yang didapatkan saat memperoleh suatu barang atau jasa yang dipasarkan.
      Lokasi juga mempengaruhi tingkat laba yang diperoleh pebisnis ketika menetapkan lokasi. Jika pebisnis memilih daerah perkotaan yang penduduknya kalangan menengah keatas  untuk menjalankan suatu bisnis maka pebisnis bisa menaikan harga dari harga normal dipasaran. Jika penjual dan pembeli sama – sama suka atau sudah memperoleh kesepakatan maka menaikan hargapun sah – sah saja. Dengan cara ini pebisnis dapat meningkatkan perolehan laba yang maksimum. Oleh karna itu amati kondisi pasar di daerah yang dijadikan bisnis Anda dan jangan lupa amati prospek perkembangan lokasi yang menjadi lahan bisnis Anda untuk di masa mendatang karena ini akan mempengaruhi kelancaran bisnis Anda.

2.      Penetapan Harga
      Penetapan harga adalah hal yang sangat berpengaruh dalam pemasaran suatu produk. Dan tentunya ini berpengaruh dalam kelancaran menjalankan suatu bisnis. Jika harga tidak sesuai dengan tingkat pendapatan konsumen yang menggunakan produk tersebut atau dengan kata lain produk tersebut terlalu tinggi harganya. Maka produk tersebut mungkin akan sulit laku dipasaran. Misalnya, jika Anda memasarkan produk branded di kalangan menengah kebawah maka mungkin produk ini sulit diterima karena pendapatan konsumen kalangan menengah kebawah belum mampu untuk membeli produk tersebut. Berbeda jika Anda memasarkan produk branded dikalangan menengah keatas mungkin produk  ini akan laku atau mudah dipasarkan mengingat pendapatan yang diperoleh kalangan menengah keatas cukup besar. Dan Mereka juga memikirkan kebutuhan tersier atau barang – barang mewah yang mendukung penampilannya. Oleh karna itu penetapan harga sangat mempengaruhi jalannya bisnis.
      Sebagai pebisnis haruslah bijaksana dalam menentukan harga pasaran suatu produk agar tidak mengalami kerugian. Sebelum menentukan harga, pebisnis harus terlebih dahulu survei untuk menetapkan harga agar tidak terjadi ketimpangan di dalam pasar. Jadi pebisnis harus melakukan startegi yang tepat untuk meminimalkan  biaya produksi dan mendapatkan output  yang maksimal.

3.      Sumber Daya Manusia
      Sumber Daya Manusia merupakan salah satu  faktor  yang mendukung kesuksesan  bisnis Anda. Jika dalam perkembangannya Anda harus menggunakan  SDM , maka ada beberapa criteria yang harus Anda cermati.
      Yang pertama adalah berpenampilan menarik. Berpenampilan menarik adalah hal yang penting dalam hubungan melayani pelanggan. Jika penampilannya menarik dan rapi maka pelanggan pun akan senang melihat dan memperhatikan saat barang dipromosikan. Kedua adalah ramah, ramah adalah kunci yang sangat penting dalam melayani pelanggan. Jika anda ramah maka pelangganpun akan senang dan nyaman dengan pelayanan yang diberikan dan tidak kapok untuk membeli barang di tempat Anda. Ketiga adalah sopan, dengan berperilaku sopan kepada pelanggan maka hal itu akan membuat  pelayaan yang memuaskan. Yang keempat adalah menguasai/mengenal produk. Dengan mengenal produk Anda dapat lebih leluasa dan mudah dalam memasarkan produk  yang dijual. Hal ini penting karena pembeli akan sering bertanya mengenai produk yang dipasarkan. Maka mengenal/menguasai produk yang dipasarkan akan bisa membantu dalam masalah pelayanan kepada pelanggan yang membutuhkan informasi produk.
4.      Modal
      Modal adalah hal yang utama dalam menjalankan bisnis. Modal yang Anda punya menentukan bisnis yang djalankan. Jika modal Anda besar pasti produk yang anda jual pun semakin banyak jadi ini menentukan seberapa besar keuntungan anda dari produk yang terjual tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar